Posted by admin on

Pertimbangan sebelum Memilih Server untuk Colocation

Faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika memaksimalkan manfaat kolokasi server

Sebuah keputusan strategis Lanjut membaca, kolokasi server dapat membantu meningkatkan operasi TI suatu bisnis. Untuk memastikan manfaat maksimal, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum melakukan perpindahan.

Lokasi pusat data dapat menjadi faktor penting. Dengan memilih situs yang strategis, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas layanan yang ditawarkan kepada pengguna Anda. Pusat data idealnya terletak di dekat pengguna untuk meminimalkan latensi dan meningkatkan kecepatan akses data. Pemilihan lokasi juga harus mempertimbangkan kemungkinan terjadinya bencana alam.

Pertimbangan lainnya adalah kapasitas pusat data dan skalabilitasnya. Perusahaan perlu menilai apakah pusat data dapat mendukung infrastruktur TI mereka seiring pertumbuhannya. Hal ini tidak hanya mencakup ruang yang dibutuhkan untuk menambah server baru, tetapi juga mencakup kapasitas listrik, AC, dan bandwidth. Lebih baik memilih pusat data yang dapat menawarkan layanan tambahan sesuai permintaan, seperti pendinginan daya atau bandwidth.

Selain itu, biaya layanan harus dianalisis secara cermat. Anggaran dapat terpengaruh oleh kolokasi, meskipun dapat mengurangi biaya operasional. Struktur penetapan harga yang rumit juga dapat berdampak pada anggaran. Pahami apa saja yang termasuk dalam biaya bulanan. Misalnya saja biaya tenaga listrik, biaya pendinginan dan biaya keamanan. Beberapa pusat data mungkin mengenakan biaya tambahan untuk mencakup dukungan teknis tingkat lanjut, layanan bernilai tambah seperti pemantauan jaringan atau layanan pencadangan. Dengan memiliki gambaran yang jelas mengenai total biaya, perusahaan dapat mengelola anggarannya dengan lebih baik.

Keamanan, baik fisik maupun virtual, merupakan faktor penting lainnya untuk dipertimbangkan. Perusahaan harus memastikan bahwa fasilitas kolokasi memberikan tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi peralatan dan data. Keamanan di lokasi sangatlah penting, termasuk pengawasan kamera, kontrol akses, dan keamanan 24 jam. Keamanan dunia maya, termasuk firewall tingkat lanjut, sistem pendeteksi intrusi, dan pemantauan keamanan jaringan yang konstan, juga tersedia. Penting juga untuk mencari layanan colocation yang memiliki sertifikasi yang relevan. Ini termasuk ISO 27001, SOC 2, dan standar serupa lainnya.

Dukungan teknis dan Layanan Pelanggan sangat penting, namun sering kali diabaikan. Pusat data yang responsif dengan tim dukungan berpengalaman dapat mengurangi downtime dan memastikan operasional TI berjalan lancar. Penting untuk mengevaluasi tingkat dan kualitas dukungan, termasuk ketersediaan staf, waktu respons terhadap permintaan bantuan, serta kemampuan mereka untuk memecahkan masalah teknis yang rumit.